8 December 2015
Category:
Informasi
News
Comments: Comments Off on 2016, Fokus Kemenkominfo Membangun Ekosistem Digital

2016, Fokus Kemenkominfo Membangun Ekosistem Digital

ISP Cirebon Mentari - 2016, Fokus Kemenkominfo membangun Ekosistem DigitalISP Cirebon Mentari – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan lebih trengginas dan fokus membangun ekosistem dunia digital mulai tahun 2016 agar bisa menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi.

“Refarming frekuensi 1.800 MHz dan hadirnya 4G hanya sebagian kecil dari rencana besar membangun ekosistem digital di Indonesia. Tahun depan saya fokus membangun ekosistem dunia digital diluar menata bisnis konektifitas,” ungkap Menkominfo Rudiantara dalam diskusi akhir tahun IndoTelko Forum “4G, What’s Next?” di Jakarta, Senin (7/12).

ISP Cirebon Mentari – Menurut Menkominfo Rudiantara, dalam membangun ekosistem digital tak bisa dilepaskan dari konsep Device, Network dan Application (DNA).  “Untuk Network atau jaringan kita akan coba kejar ketertinggalan di sisi Fixed Broadband. Di sisi wireless setelah 4G ini akan coba dinetralkan frekuensi lainnya yang belum. Selain itu dari sisi backbone kita ingin perbaiki juga ke rute internasional,” katanya.

Sementara dari sisi perangkat, pemerintah ingin mendorong adanya smartphone dengan harga terjangkau. “Harapannya adanya aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) bisa memunculkan smartphone sejuta umat seperti dulu pernah terjadi,” katanya.
ISP Cirebon Mentari – Sedangkan di sisi aplikasi ada sinyal menggembirakan dimana sudah banyak smartphone 4G terdeteksi di jaringan operator. “Saya dapat laporan ada jutaan smartphone tercatat di jaringan operator, ini permulaan yang bagus. Pekerjaan rumahnya sekarang adalah membangun ekosistem untuk aplikasi ini. Target kami dalam waktu 5 tahun kedepan ada seribu start up. Tahun depan kami dorong bagaimana caranya agar ada dua start up dengan kelas unicorn atau bervaluasi US$ 1 miliar. Selama ini kita belum pernah bangun ekosistem yang lengkap, tahun depan fokus kita kesana,” jelasnya.
Ketua Dewan Penasihat IndoTelko Forum Johnny Swandi Sjam mengakui Indonesia harus memperkuat fundamental membangun ekonomi digital. “Harus ada aturan yang menata bisnis digital ini. Kita harus bisa mengkonversi keunggulan demografis dan populasi menjadi devisa,” katanya.
Sumber: Indotelko – ISP Cirebon Mentari

Comments are closed.