Gerakan Mari Berdigital Mendorong Terwujudnya UMKM Digital
ISP Majalengka Mentari – Indonesia memiliki 250 juta penduduk yang berpotensi untuk menjadi konsumen potensial bagi para pemilik bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Indonesia tentu akan menghadapi kompetisi yang signifikan dari negara-negara lainnya dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
“Para pemilik bisnis UMKM perlu dibekali dengan berbagai pengetahuan berguna yang dapat diaplikasikan untuk membangun bisnis mereka di dunia digital,” tutur Andi Silalahi, CMO dari bDigital Indonesia dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (24/8/2016).
Dia pun mengatakan peluncuran Gerakan Nasional – Mari Berdigital: Menggerakkan Pemilik Bisnis UMKM di Era Digital” ini diadakan untuk membuka wawasan pelaku UMKM dalam era digital. Beliau berharap para pemilik UMKM dapat terinspirasi untuk berdigital dan mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan.
Dia berpendapat pelaku usaha UMKM perlu mengetahui pembuatan dan pemanfaatan website dan e-commerce untuk UMKM, Google untuk UMKM, penyediaan solusi Employee Benefit (kesejahteraan karyawan) untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah, online payment gateway dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). – ISP Majalengka Mentari
Baca Juga: Menjawab Beberapa Faktor Yang Bikin UKM Takut Goes Digital
Dia berharap pemilik UMKM dapat menyadari potensi bisnisnya dan tergerak untuk memanfaatkan teknologi serta Internet dalam memasarkan produk ataupun jasanya. Gerakan Nasional – Mari Berdigital ini akan diikuti dengan sejumlah seminar dan training yang diadakan ditingkat provinsi di seluruh Indonesia.
“Selain seminar yang akan diadakan di seantero negeri, peluncuran Gerakan Nasional – Mari Berdigital ini juga menjadi langkah awal untuk diadakannya training atau digital workshop yang rutin diadakan setiap minggunya di wilayah DKI Jakarta,” jelas dia.
Baca Juga: #1000StartupDigital Buat Indonesia Pusat Ekonomi Digital di Asia
ISP Majalengka Mentari – Berbagai topik dengan pembicara yang professional dibidangnya kembali dihadirkan, mulai dari workshop fotografi untuk produk, display produk, cara beriklan di internet dengan murah, melihat potensi ekspor, dan topik-topik menarik lainnya.
“Gerakan Nasional – Mari Berdigital yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM ini menargetkan untuk menjaring ratusan pemilik UMKM dari berbagai sektor bisnis, mulai dari fashion, makanan, kecantikan, kerajinan tangan, travel, konstruksi hingga berbagai penyedia produk dan jasa lainnya,” pungkasnya.
(sumber)